Maharah berikutnya yang akan kita pelajari terkait dengan cita-cita kita agar mahir berbahasa arab adalah maharah (skill) mendengar atau disebut dengan istima.
Pengertian Pembelajaran Maharah Istima’
keterampilan menyimak (mahara al-istima’/listening skill) ialah kemapuan seseorang dlm mencerna ataupun memahami kata ataupun kalimat yg diujarkan olh mitra bicara ataupun media tertentu. Kemampuan ini sebenarnya bisa dicapai dgn latihan yg terus menerus utk mendengarkan perbedaan-perbedaan bunyi unsure-unsur kata (fonem) dgn unsure-unsur lainnya menurut makraj huruf yg betul baik lansung dri penutur aslinya maupun melalui rekaman.
Menyimak ialah suatu proses kegiatan mendengarkan lambing lisan-lisan dgn penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi utk memperolh informasi, menagkap isi, serta memahami makna komunikasi yg tidak disampaikan olh si pembicara melalui ujaran ataupun bahasa lisan. (Tarigan: 1983)
Menyimak ialah sarana pertama yg dugunakan manusia utk berhubungan dgn sesama manusia dlm tahapan-tahapan tertentu, melalui menyimak Kita semua mengenal mufradat, bentuk-bentuk jumlah & tarakib. (saiful Mustafa, 2011: 201)
Secara umum, ketrampilan menyimak yg dimaksutkan sebagai kemampuan siswa utk memahami bunyi ataupun ujaran dlm bahasa arab dgn baik & benar. Yunus membagi kemampuan menyimak menjadi empat, yakni:
1. memahami makna secara global
2. menafsirkan kalimat yg didengar
3. memberikan analisis terhadap kalimat yg didengar
4. memahami dgn penuh hati dri apa yg didengar
2. Tujuan Pembelajaran Maharah Istima’
Menyimak merupakan hal yg sangat luar biasa karena dgn menyimak Kita semua bisa membedakan bunyi-bunyi yg Kita semua dengar bahkan Kita semua lebih dahulu bisa mendengar dri pada berbicara.
Diantara tujuan pembelajaran bahasa arab ialah:
1. Mengetahui & membedakan suara huruf-huruf arab dgn baik & benar.
2. Mengetahui & membedakan harakat panjang & pendek.
3. Membedakan suara huruf yg hampir sama dlm pengucapannya
4. Mengetahui & membedakan suara huruf yg bertasdid & bertanwin.
5. Mengetahui hubungan rumusan suara dgn rumusan tulisan.
6. Menyimak bahasa arab tanpa mendlmi gramatikal struktur makna.
7. Mendengar & memahami kosa kata bahasa arab sesuai struktur percakapan sehari-hari.
8. Mengetahui perubahan makna sesuai perubahan bentuk kata.
9. Memahami pengunaan bentuk-bentuk kata bahasa arab dlm menyusun kata utk mengungkapkan maknanya.
10. Memahami pengunaan mudzakar, muannast, ‘adad, af’al, & lainnya dri aspek pengunaannya dlm bahasa utk memperjelas makna.
11. Memahami makna yg berhubungan dgn beragam aspek & kebudayaan asing.
12. Mengetahui materi dlm kata bahsa arabterka&g berbeda dri maknanya & hampir sama dgn bahasa pengajar.
13. Memahami apa yg diingginkan pembicara ketika mengungkapkan sesuai keadaan.
14. Mengetahui jenis-jenis fi’il yg mewakili percakapan yg membutuhkan jawaban.
15. Meminta manfaat dri kepastian aspek-aspek tersebut dlm pengaplikasian menyimak bahasa arab sehari-hari.