Pengertian Khobar Kaana-كان Dan Saudaranya | Misal Khobar Kaana-كان di AlQur'an
Pengertian Khobar Kaana-كان Dan Saudaranya
Khobar kaana-كان (كَانَ) Dan saudaranya ialah Khobar
yg telah dimasuki kaana-كان Dan saudarnya serta ber’irab nashab disebabkan
kedudukannya hampir sama dgn maf’ul. Khobar kaana-كان Dan saudaranya
terbagi ke dlm 3 macam: ism (kata benda bahasa arab) mufrad, syibhul jumlah
(kalimat) Dan jumlah (kalimat).
a. Mufrad
Maksud mufrad di sini ialah
Khobar kaana-كان berupa satu kata ataupun berupa idhafah.
Misal:
لَيْسَ أَحْمَدُ مُهَنْدِسًا
كَانَ أَحْمَدُ مُدَرِّسِيْ
b. Syibhul Jumlah
(kalimat)
Syibhul jumlah (kalimat)
ialah berupa jar majrur ataupun idhafah yg mudhafnya berupa zharaf.
Misal:
كَانَ الْمُدِيْرُ فِيْ الْمَكْتَبَةِ
كَانَ الْمُدِيْرُ أَمَامَ الْمَكْتَبَةِ
c. Jumlah (kalimat)
(ismiyyah ataupun fi’liyah)
Jumlah (kalimat) artinya
kalimat. Kalimat dlm bahasa arab harus terdiri dr mubtada’ Dan Khobar ataupun
fi’il Dan fa’ilnya. Kalimat terdiri dr mubtada’ Dan Khobar disebut dgn jumlah
(kalimat) ismiyyah. Adapun kalimat yg terdiri dr fi’il Dan fa’ilnya disebut dgn
jumlah (kalimat) fi’liyah.
Misal Khobar kaana-كان berupa jumlah
(kalimat):
كَانَ الْمُهَنْدِسَ يَكْتُبُ التَقْرِيْرَ
كَانَ أَحْمَدُ أَبُوْهُ مُدَرِّسٌ
Posisi Khobar Kaana-كان
Pada dasarnya posisi Khobar
kaana-كان Dan saudaranya ialah terletak setelah ism (kata benda
bahasa arab) kaana-كان. Namun, bisa bertukar posisi dgn ketentuan berikut:
a. Harus didahulukan
Harus mendahulukan Khobar
kaana-كان
apabila ism (kata benda bahasa arab) kaana-كان berupa nakirah Dan Khobar kaana-كان berupa
syibhul jumlah (kalimat) ataupun pada ism (kata benda bahasa arab) kaana-كان
terdapat dhamir yg kembali ke Khobar.
Misal:
كَانَ فِيْ الْمَكْتَبَةِ كُتُبٌ
لَيْسَ فِي الْمَكْتَبَةِ حَارِسُهَا
Kata (فِيْ الْمَكْتَبَةِ)
merupakan Khobar kaana-كان yg diawalkan.
b. Bisa didahulukan
Bisa mendahulukan Khobar
kaana-كان
apabila ism (kata benda bahasa arab) kaana-كان berupa ma’rifah ataupun nakirah yg
disifati Dan Khobar kaana-كان berupa syibhul jumlah (kalimat).
Misal:
كَانَ فِيْ الْمَكْتَبَةِ الْمُدِيْرُ
كَانَ فِيْ الْمَكْتَبَةِ كِتَابٌ جَدِيْدٌ
c. Harus diakhirkan
Harus mengakhirkan Khobar
kaana-كان
apabila Khobarnya berupa jumlah (kalimat), baik jumlah (kalimat) ismiyah ataupun
fi’liyah.
Misal:
كَانَ أَحْمَدُ يَنَامُ
Kaana-كان Dan
Saudaranya
Yg dimaksud kaana-كان Dan saudaranya ialah fi’il-fi’il yg masuk ke mubtada’ Khobar
Dan memengaruhi irab keduanya. Kaana-كان Dan saudaranya
terbagi ke dlm 3 macam:
Kaana-كان Dan saudaranya
|
1. Fi’il mutasharrif tam
Yg dimaksud mutasharrif
tam ialah fi’il yg mendatangkan fi’il mudhari’ Dan fi’il amarnya. Adapun
amalnya sama seperti fi’il madhinya Dan bisa juga didahului huruf nafi. Yg
termasuk fi’il mutasharrif tam ialah:
كَانَ – أَصْبَحَ – أَضْحَى
– ظَلَّ – أَمْسَى – بَاتَ - صَارَ
Misal:
يَظِلُّ العَامِلُ مُكِبّاً
عَلَى عَمَلهِ
كُنْ عَلِيْمًا وَلَا
تَكُنْ جَهِيْلًا
ما كَانَ زَيدٌ قَائِمًا
لَمْ تُصْبِحِ الشَجَرَةُ
مُثْمِرَةً
2. Fi’il mutasharrif naqish
Yg dimaksud dgn fi’il
mutasharrif naqish ialah fi’il yg tashrifannya hanya mempunyai dua bentuk saja,
yakni fi’il madhi Dan mudhari’ saja ataupun fi’il mudhari’ Dan fi’il amar saja.
Adapun amil kaana-كان Dan saudara-saudaranya yg termasuk mutasharrif naqish ialah
fi’il yg hanya berbentuk fi’il madhi Dan muhdr’ saja tanpa ada bentuk amarnya. Yg
termasuk fi’il mutasharrif naqish ialah:
مَا زَالَ - مَابَرِحَ -
مَا انْفَكَّ - مَا فَتِئَ
Fi’il-fi’il di atas
selalu didahului olh nafi.
Misal:
لَا يَزَالُ السَّلاَمُ
أَمَلاً مُحَبِّبًا
لَمْ يَنْفَكَّ الطِّفْلُ
يَبْكِي
3. Fi’il jamid
Fi’il jamid ialah fi’il yg
hanya mempunyai satu bentuk saja, baik madhi, mudhari ataupun amar saja. SeDangkan
kaana-كان Dan saudaranya yg jamid hanya mempunyai bentuk madhi
saja, yaitu kata:
لَيْسَ - مَا دَامَ
Misal:
لَيْسَ أَحْمَدُ
مُهَنْدِسًا
لَا تَعْبُرِ الشَّارِعَ
مَا دَامَتِ الإِشَارَةُ حَمْرَاءَ
لَنْ يَنتَصِرَ العَدُوُّ
مَا دامَ التَّعَوُّنُ قَائِمًا
Misal Khobar Kaana-كان di AlQur’an
AlMaidah: 96
وَحُرِّمَ عَلَيْكُمْ
صَيْدُ الْبَرِّ مَا دُمْتُمْ حُرُمًا
AlMaidah: 112
قَالَ اتَّقُوا اللَّهَ
إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ
AlBaqarah: 113
وَقَالَتِ الْيَهُودُ
لَيْسَتِ النَّصَارَى عَلَى شَيْءٍ وَقَالَتِ النَّصَارَى لَيْسَتِ الْيَهُودُ عَلَى شَيْءٍ
AlBaqarah: 134
وَلَا تُسْأَلُونَ عَمَّا
كَانُوا يَعْمَلُونَ
Hud: 118
وَلَا يَزَالُوْنَ مُخْتَلِفِيْنَ
AlMulk: 30
قُـلْ أرَأيْـتُـمْ إنْ
أصْـبـحَ مَـاؤكُـمْ غَـوْرًا فـمَـنْ يَـأتـيـكُـمْ بِـمَآءٍ مَـعِـيـنٍ
An-Nahl: 58
وإذا بُـشِّـرَ أحـدُهـم
بالأنثى ظـلَّ وجهُهُ مُسْوَدًّا وَهُـَو كَـظـيم
Sekian artikel kali ini dan terima kasih.