Pengertian Ism
Ism ialah Kata yg menunjukkan makna dgn dirinya sendiri tanpa diikuti waktu yg tiga, yakni masa lampau, sekarang & yg akan datang. Ism bisa diartikan dgn Kata benda dlm bahasa Indonesia, walaupun konsep Ism dlm Bhs Arab (al-Lughah al-Arabiyyah) dgn Kata benda dlm bahasa Indonesia tak seluruhnya sama.
A. Ism Jins & Ism ‘Alam
Ism jins ialah Ism yg meliputi nama sebuah jenis.
Misal:
تِلْمِيْذٌ – مُدَرِّسٌ – تَمْرٌ
Ism ‘alam ialah Ism yg menunjukkan nama, baik nama org ataupunpun nama tempat. Ism ‘alam ada yg mufrad & juga murakkab.
Misal:
مفرد: يُوْسُفُ - بَغْدَاد
مركَّب: عَبْدُ اللهِ – أَبُوْ بَكْرٍ
B. Shahih, Manqush, Maqshur, Mamdud
Ism shahih ialah Ism yg diahiri dgn huruf shahih.
Misal:
كَرِيْمَةٌ – كِتابٌ - اَللهُ
Ism Manqush ialah Ism mu’rab yg huruf terkahirnya berupa ya’ tetap (lazimah) & berbaris kasrah huruf sebelum ya’.
Misal:
القَاضِي - الرَّاعِي
Ism maqshur ialah Ism mu’rab yg ahirnya berupa alif yg tetap, baik yg berbentuk alif ataupunpun yg berbentuk ya’.
Misal:
عَصَا - مُوْسَى - الفَتَى
Ism mamdud ialah Ism mu’rab yg ahirnya berupa hamzah & sebelumnya didahului alif zaidah.
Misal:
صَحْرَاءٌ - سَـمَاءٌ - قُرَّاءٌ
C. Ism Mufrad, Mutsanna & Jama’
Ism mufrad ialah Kata yg menunjukkan makna tunggal baik utk mudzakkar ataupun muannats.
Misal:
إِنْسَانٌ – مَرْأَةٌ – كِتَابٌ – مَدْرَسَةٌ
Ism mutsana ataupun Ism tatsniyah ialah Kata yg menunjukkan kpd makna dua. Adapun bentuk Katanya yakni dgn menambahkan alif & nun dlm keadaan marfu serta ya’ & nun dlm keadaan manshub & majrur. Huruf sebelum huruf tambahan menjadi fathah, ya’ tambahan barisnya sukun serta nun barisnya fathah.
Misal:
(كِتَابٌ) كِتَابَانِ/ كِتَابَيْنِ
Ism jam’ ialah Kata yg menunjukkan pda makna banyak (lebih dr dua). Dlm Bhs Arab (al-Lughah al-Arabiyyah) Kata jamak ataupun plural ada 3 macam, yakni:
1. Jama’ Mudzakkar Salim
Jama’ mudzakkar salim ialah Kata yg menunjukkan makna banyak lebih dr dua. Semetode harfiah artinya Kata jamak utk maskulin/lelaki beraturan. Metode pembentukkan Katanya dgn menambah wau & nun dlm keadaan marfu’ serta ya’ & nun dlm keadaan manshub & majrur.
Misal:
(مُسْلِمٌ) مُسْلِمُوْنَ/ مُسْلِمِيْنِ
2. Jama’ Muanats Salim
Jama’ muannats salim ialah Kata yg menunjukkan makna banyak (lebih dr dua) serta diperuntukkan makna feminim/wanita. Metode pembentukkan Katanya dgn ditambahkan alif & ta’ di ahir dr bentuk mufrad mudzakkar.
Misal:
(مُسْلِمٌ) مُسْلِمَاتٌ
3. Jama’ Taksir
Jama’ taksir ialah Kata yg menunjukkan makna jamak dgn mengubah mufradnya, baik dgn mengurangi huruf, menambahkan huruf, mengubah baris, ataupun campuran ketiganya.
(رَسُوْلٌ) رُسُلٌ
(مَـلَــكٌ) مَلَائِكَةٌ
(مَدْرَسَةٌ) مَدَارِسُ
D. Mudzakkar & Muannats
Ism mudzakar/maskulin ialah Kata yg menunjukkan kpd laki-laki/jantan berupa manusi ataupun hewan. Misal:
أَحْـمَدُ – دِيْكٌ - رَجُـلٌ
Ism muannats ialah Ism yg menunjukan kpd perempuan/betina berupa manusia ataupun hewan.
Misal:
دَجَاجَةٌ – مَرْيَمُ - حَامِلٌ
Tanda Ism muannats:
1. Ta’ marbuthoh (ة)
2. Alif maqshurah (ى)
3. Alif mamdudah (اء)
Selain ketiga tanda di atas, ada beberapa kriteria yg dimasukan ke dlm muannats, yakni:
1. Kata yg maknanya khusus utk perempuan
2. Yg berpasang-pasangan
3. Jama’ taksir utk sesuatu yg tak berakal.
E. Ism Mu’rab & Mabni
Baca Artikel Lainnya di Blog Bahasa Arab Ini:
Ism mu’rab ialah Ism yg berubah keadaan ahirnya sesuai dgn keadaan i’rabnya. Tanda i’rab ada dua macam, yakni baris & huruf.
• Baris
Ism mu’rab yg perubahan irabnya ditandai olh baris diantaranya:
1. Ism Mufrad
Ism mufrad ditandai olh dommah pda rafa’, fathah pda nashab, & kasrah pda khafadh. Misal:
اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ
إِنَّ اَلْكِتَابَ جَدِيْدٌ
اَلْقَلَمُ فَوْقَ الْكِتَابِ
2. Jama’ Taksir
Jama’ taksir ditandai olh dommah pda rafa’, fathah pda nashab, & kasrah pda khafadh. Misal:
اَلْكُتُبُ جَدِيْدَةٌ
إِنَّ اَلْكُتُبَ جَدِيْدَةٌ
اَلْقَلَمُ فَوْقَ اَلْكُتُبِ
3. Jama’ Muanats Salim
Jama’ muanats salim ditandai olh dommah pda rafa’ & olh fathah pda nashab & khafadh. Misal:
اَلْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنَاتُ إِخْوَةٌ
إن َالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ إِخْوَةٌ
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ
4. Fi’il Mudhari Shahih Ahir
Fi’il mudhari shahih ahir ialah fi’il mudhari yg huruf terahirnya tak terdiri dr huruf ilat yakni alif, wawu, & ya’. Fi’il mudhari shahih ahir ditandai olh dommah pda rafa’, fathah pda nashab, & sukun pda jazm. Misal:
تَدْخُلُ – لَنْ تَدْخُلَ – لَا تَدْخُلْ
5. Ism Ghair Munsharif
Ism ghair munsharif ialah Ism yg tak menerima tanwin. Ism ghair munsharif ditandai olh dommah pda rafa’ & olh kasrah pda nashab & khafadh. Misal:
جَاءَ أَحْمَدُ
رَأَيْتُ أَحْمَدَ
هَذَا الْكِتَابُ لِأَحْمَدَ
6. Fi’il Mudhari’ Mu’tal Ahir
Adapun fi’il mudhari’ yg huruf ahirnya terdapat huruf ilat yakni alif, wawu, ataupun ya’ ketika jazm ditandai dgn membuang huruf ilat.
يَخْشَى – لَنْ يَخْشَى – لَا يَخْشَ
• Huruf
1. Ism Tatsniyah
Ism tatsniyah ialah Ism yg menunjukkan makna dua. Ism tatsniyah ditandai olh alif pda rafa’ & olh ya’ pda nashab & khafadh. Misal:
اَلْكِتَابَانِ جَدِيْدَانِ
إِنَّ اَلْكِتَابَيْنِ جَدِيْدَانِ
اَلْقَلَمُ فَوْقَ الْكِتَابَيْنِ
2. Jama’ Mudzakar Salim
Jama’ mudzakar salim ialah Ism yg menunjukkan makna banyak (lebih dr dua) & dikhususkan utk mudzakar. Jama’ mudzakar salim ditandai olh wawu pda rafa’ & olh ya’ pda nashab & khafadh. Misal:
اَلْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنَاتُ إِخْوَةٌ
إن َالْمُؤْمِنِيْنَوَالْمُؤْمِنَاتِ إِخْوَةٌ
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَوَالْمُؤْمِنَاتِ
3. Ism Lima
Ism lima ialah
أَبُوْكَ – أَخُوْكَ – حَمُوْكَ – فُوْكَ – ذُوْ
Ism lima ditandai olh wawu pda rafa’, alif pda nashab, & ya’ pda khafadh. Misal:
أَبُوْكَ مَرِيْضٌ
إِنَّ أَبَاكَ مَرِيْضٌ
هَذَا الْكِتَابُ لِأَبِيْكَ
4. Fi’il Lima
Fi’il lima ialah lima bentuk wazan (timbangan) fi’il mudhari yg diahiri olh alif tatsniyah, wawu jama’ ataupun ya’ muanatsah & juga nun.
و+ن
|
يَذْهَبُوْنَ
|
يَجْلِسُوْنَ
|
هُمْ
|
و+ن
|
تَذْهَبُوْنَ
|
تَجْلِسُوْنَ
|
أَنْتُمْ
|
ا+ن
|
يَذْهَبَانِ
|
يَجْلِسَانِ
|
هُمَا
|
ا+ن
|
تَذْهَبَانِ
|
تَجْلِسَانِ
|
هُمَا، أَنْتُمَا
|
ي+ن
|
تَذْهَبِيْنَ
|
تَجْلِسِيْنَ
|
أَنْتِ
|
Fi’il lima ketika rafa’ ditandai olh a&ya nun & ketika nashab & jazm nunnya dibuang. Misal:
تَدْخُلُوْنَ – لَنْ تَدْخُلوْا – لَا تَدْخُلُوْا
Ism mabni ialah Ism yg tak berubah baris ahirnya pda seluruh keadaan i’rab. Ism mabni ada 8 macam, yakni:
1. Ism Dhamir
Ism dhamir ialah Ism yg digunakan utk mewakili mutakallim, mukhathab, & ghaib ataupun disebut Kata ganti.
Ism dhamir tak memiliki bentuk yg tetap ketika berdiri sendiri & ketika diidhafatkan. Misal mabninya Ism dhamir:
لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَ
2. Ism Isyarah
Ism isyarah ialah Ism yg digunakan utk menunjuk ataupun disebut Kata tunjuk. seluruh Ism isyarah hukumnya mabni terkecuali (هَذَانِ) & (هَتَانِ) yg hukumnya seperti Ism mutsana. Diantara Ism yg termasuk Ism isyarah ialah (هَذَا), (هَذِهِ), (ذَلِكَ), (تِلْكَ), (هُنَاكَ), dll. Misal:
هَذِهِ مَدْرَسَةٌ
إِنَّ هَذِهِ الْمَدْرَسَةَ وَسِيْعَةٌ
أَتَعَلَّمُ فِي هَذِهِ الْمَدْرَسَةِ
3. Ism Maushul
Ism maushul ialah Ism yg digunakan utk menghubungkan dua kalimat. Diantara yg termasuk Ism maushul ialah (مَنْ), (مَا), (الَّذِيْ), (الَّتِيْ), dll. Misal:
قَامَ مَنْ جَلَسَ
سَمِعَ اللهُ لِمَنْحَمِدَهُ
4. IsmSyarat
Ism syarat ialah Ism yg memerlukan “jawab”. Gunanya menggabungkan 2 kalimat dimana kalimat yg pertama menjadi syarat & yg kedua ialah jawab. Diantara yg termasuk Ism syarat ialah (مَنْ), (مَا), (مَتَى), (أَيَّانَ), (أَيْنَ), (أَيْنَمَا), (أَنىَّ), (حَيْثُمَا), (كَيْفَمَا), & (أَيُّ). Seluruh Ism syarath ialah mabni terkecuali (أَيُّ). Misal:
مَنْ جَدَّ وَجَدَ
إِنَّ مَنْجَدَّ وَجَدَ
5. Ism Istifham
Ism istifham ialah Ism yg digunakan utk bertanya ataupun bisa disebut Kata tanya. Diantara yg termasuk Ism istifham ialah (مَنْ), (مَا), (مَتَى), (أَيْنَ), (كَيْفَ), (كَمْ), & (أَيُّ). Seluruh Ism istifham ialah mabni terkecuali (أَيُّ). Misal:
أَيْنَ بَيْتُكَ؟
مِنْ أَيْنَ جِئْتَ؟
6. Sebagian Zharaf
Ism zharaf ada yg mu’rab & adapula yg mabni. Ism zharaf yg mabni ialah (حَيْثُ), (أَمْسِ), (الْآنَ), (إِذْ), (إِذَا), (أَيْنَ), & (ثُمَّ).
جَلَسْتُ حَيْثُ كُنْتَ جَالِسًا
7. Ism Fi’il
Ism fi’il ialah Ism mabni yg menunujukkan makna fi’il akan tetapi tak mempunyai tanda seperti fi’il. Diantara yg termasuk Ism fi’il ialah (هَيْهَاتَ), (قَطْ), (آمِيْنَ), (حَيَّ), dll. Misal:
حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ
أَكَلْتُ خُبْزًا فَقَطْ
Kata (حَيَّ) bermakna (أَقْبِلْ) & Kata (قَطْ) bermakna (يَكْفِى).
9. Adad Murakkab (11-19 terkecuali 12)
Angka belasan dr 11-19 terkecuali dua belas dlm Bhs Arab (al-Lughah al-Arabiyyah) hukumnya mabni fathah. Jadi apapun i’rabnya tetap berbaris fathah. Misal:
جَاءَ ثَلَاثَةَ عَشَرَطَالِبًا
اِشْتَرَيْتُ أَرْبَعَةَ عَشَرَكِتَابًا
جَاءَ الْمُدَرِّسُ مَعَ سِتَّةَ عَشَرَ طَالِبًا
Seluruh adad murakkab di atas seluruh mabni fathah pda keadaan i’rab apapun.
F. Jamid & Musytaq
Ism Jamid
Pengertian Ism jamid
هُوَ الْاِسْمُ الَّذِيْ لَمْيُؤْخَذْ مِنْ غَيْرِهِ
Ism jamid ialah Ism yg tak diambil ataupun dibentuk dr Ism yg lain.
Ism jamid ada dua macam:
1. Ism dzat ataupun Ism jinis
Ism dzat ialah Kata yg menunjukkan makna sesuatu yg konkrit ataupun fisik seperti benda-benda, hewan, anggota ba&, dll. Misal:
الْأَرْضُ – عَنْكَبُوْت – الرَّجُل – بَطْن - نَحْنُ
2. Ism ma’na
Ism ma’na ialah Ism yg menunjukkan makna & tak diikuti olh waktu. Maksudnya bhw Ism ma’na lebih menunjukkan makna sesuatu yg abstrak ataupun non fisik. Yg termasuk Ism ma’na diantaranya:
a. Mashdar
Mashdar ialah Ism yg menunjukkan makna suatu perbuatan ataupun peristiwa tapi diikuti olh waktu. Dlm Bhs Arab (al-Lughah al-Arabiyyah) mashdar mempunyai beberapa pola ataupun wazan (timbangan):
• Fi’il tsulatsi (fi’il yg terdiri dr tiga huruf)
Wazan (timbangan) mashdar fi’il tsulasi bermacam-macam. Hal ini dapat kita ketahui dgn sima’i, yakni mengikuti org Arab ataupun merujuk kpd kitab-kitab berBhs Arab (al-Lughah al-Arabiyyah).
Diantara wazan (timbangan)-wazan (timbangan) itu antara lain:
فَعْلٌ - فِعْلٌ – فَعَلَةٌ – فِعَالٌ – فِعَالَةٌ – فُعُوْلٌ – فُعُوْلَة – فَعَلَان – فَعْلَة - فَعَل
• Fi’il ruba’i (fi’il yg terdiri dr empat huruf).
Wazan (timbangan) masdar fi’il ruba’i diqiyaskan sesuai dgn wazan (timbangan)-wazan (timbangan) fi’il ruba’i, yakni:
إِفْعَالٌ – تَفْعِيْلٌ – فِعَالٌ - فَعْلَلَة
• Fi’il khumasi & sudasi
Wazan (timbangan) fi’il khumasi & sudasi sifatnya qiyasiyah. Jika diawali olh hamzah washal, maka mashdarnya ialah mengikuti wazan (timbangan) fi’il madhinya & mengkasrahkan huruf ketiganya serta menambahkan alif sebelum huruf terahir. Misal:
إِفْتِعَالٌ – إِسْتِفْعَالٌ – تَفَعُّلٌ - تَفَاعُل
b. Ism zaman jamidah, Misal:
حِيْنَ – قَبْلَ – بَعْدَ
c. Ism makan jamidah, Misal:
خَلْفَ – أَمَامَ - وَسْطَ
d. Ism ‘adad, Misal:
ثَلَاثَةٌ – اثْنَانِ – مِائَةٌ
B. Ism Musytaq
Ism musytaq ialah Ism yg diambil dr Kata yg lainnya & menunjukkan sessuatu yg disifati olh suatu sifat.
Ism musytaq ada tujuh macam:
1. Ism fa’il & sighat mubalaghahnya
• Ism fa’il
Ism fa’il ialah Ism yg menujukkan pelaku dr suatu perbuatan ataupun sesuatu yg menyebabkan suatu peristiwa.
Wazan (timbangan) Ism fa’il dr fi’il tsulasti mujarrad ialah (فَاعِلٌ).
Misal:
كَاتِبٌ – قَارِئٌ - قَائِلٌ
Se&gkan wazan (timbangan) Ism fa’il selain tsulatsi mujarrad ialah mengikuti wazan (timbangan) fi’il mudhari’ mabni ma’lum dgn mengganti huruf mudhara’ahnya menjadi mim berbaris dommah & dikasrahkan huruf kedua terahir.
Misal:
مُكْرِمٌ – مُحَسِّنٌ - مُسْتَغْفِرٌ
• Sighat mubalaghah
Shighat mubalaghah ialah Ism yg menunjukkan arti Ism fa’il yg mengandung arti lebih ataupun sangat.
Wazan (timbangan)-wazan (timbangan) sighat mubalaghah antara lain:
فَعَّالٌ – فَعُوْلٌ – فَعِيْلٌ – مِفْعَال – فَعِل – فِعِّيْلٌ – فُعَّال - فَاعُوْلٌ
2. Ism maf’ul
Ism maf’ul ialah Ism yg menunjukkan arti sesuatu yg dijatuhi ataupun dikenai suatu pekerjaan ataupun perbuatan. Ada juga yg mendefinisikan, Ism maf’ul ialah Ism yg diambil dr fi’il majhul utk menunjukkan kpd sesuatu yg menimpa kpdnya perbuatan.
Wazan (timbangan) Ism maf’ul dr fi’il tsulasi mujarrad ialah (مَفْعُوْلٌ). Se&gkan wazan (timbangan) Ism maf’ul dr fi’il selain tsulatsi mujarrad ialah mengikuti wazan (timbangan) fi’il mudhari’ mabni ma’lum dgn mengganti huruf mudhara’ahnya menjadi mim berbaris dommah & difathahkan huruf kedua terahir.
Misal:
مُكَرَّمٌ – مُضَافٌ - مُسْتَغْفَرٌ
3. Sifat musyabbahah dgn Ism fa’il
Sifat musyabbahah dgn Ism fa’il ialah Ism musytaq yg maknanya sama denga Ism fa’il & hanya terbentuk dr fi’il tsulasti lazim.
Bentuk-bentuk wazan (timbangan) sifat musyabbahah berwazan (timbangan):
فعِلٌ – أفعَل – فَعْلان – فعيل – فَعْل – فُعال – فَعال – فَعَل - فُعْل
4. Ism tafdhil
Ism tafdhil ialah Ism yg dibentuk dr wazan (timbangan) (أَفْعَلُ) yg berfungsi utk menunjukkan makna lebih dr yg lain. Misal:
أَكْبَرُ - أَفْضَلُ - أَعْلَى
5. Ism zaman & 6. Ism makan
Ism zaman ialah Ism musytaq yg menunjukkan waktu terjadinya suatu perbuatan. Adapun Ism makan ialah Ism musytaq yg menunjukkan tempat terjadinya suatu perbuatan. Wazan (timbangan) Ism makan & Ism zaman ialah sama. Utk membedakan kedua maknanya ialah dgn melihat konteks kalimat. Wazan (timbangan) Ism zaman & Ism makan utk fi’il tsulatsi mujarrad ialah (مَفْعَل) & (مَفْعِل).
7. Ism alat
Ism alat ialah Ism musytaq yg berfungsi utk menunjukkan makna alat ataupun perkakas yg digunakan dlm suatu peristiwa.
Wazan (timbangan)-wazan (timbangan) Ism alat:
مِفعَل- مِفعَال – مِفعَلَة
G. Nakirah & Makrifah
Ism nakirah/indefinitif ialah setiap Ism yg menunjukkan pda makna yg tak ditentukan ataupun makna umum. Biasanya diahiri dgn tanwin &/ataupun tak diawali Alif Lam (ال).
1. Ism Dhamir
Ism dhamir ialah Ism makrifah & mabni yg menunjukkan mutakallim, mukhathab & ghaib. Ism dhamir ataupun Kata ganti dlm Bhs Arab (al-Lughah al-Arabiyyah) ada 14. Berikut rinciannya:
Dhomir
|
Arti
|
Dhomir
|
Arti
|
أَنَا
|
Saya
|
نَحْنُ
|
Kami
|
أَنْتَ
|
Kamu (lk)
|
هُوَ
|
Dia (lk)
|
أَنْتُمَا
|
Kalian (berdua/lk)
|
هُمَا
|
Mereka (berdua/lk)
|
أَنْتُمْ
|
Kalian (lk)
|
هُمْ
|
Mereka (lk)
|
أَنْتِ
|
Kamu (pr)
|
هِيَ
|
Dia (pr)
|
أَنْتُمَا
|
Kalian (berdua/pr)
|
هُمَا
|
Mereka (berdua/pr)
|
أَنْتُنَّ
|
Kalian (pr)
|
هُنَّ
|
Mereka (pr)
|
2. Ism Isyarah
Ism isyarah ialah Ism makrifah yg menunjukkan makna definitif dgn isyarat ataupun petunjuk. Ism isyarah disebut juga Kata tunjuk dlm bahasa Melayu, seperti:
هَذَا – هَذِهِ – هَؤُلَاءِ – ذَلِكَ – تِلْكَ – أُولَئِكَ – هُنَاكَ – هُنَالِكَ
3. Ism Maushul
Ism maushul ialah Ism makrifah yg berfungsi utk menyambung kalimat/jumlah setelahnya. Seperti:
الَّذِيْ - الَّتِيْ – الَّذِيْنَ – مَا - مَنْ
4. Ism ‘Alam
Ism ‘alam ialah Ism makrifah yg digunakan utk menspesialkan nama org, tempat, benda, dll.
Misal:
مُحَمَّدٌ – فَاطِمَةُ – مَكَةُ – لُبْنَان - النَّيْلُ
Ism ‘alam ada 3 macam:
a. Kunyah
Kunyah ialah nama yg diawali (أَبُ), (أُمُّ) ataupun (اِبْنُ).
Misal:
أَبُوْ بَكْرٍ – أُمُّ كُلْثُوْم – اِبْنُ سِيْنَ
b. Laqab
Laqab artinya nama alias & biasanya menggunakan sifat.
Misal:
اَلْفَاتِحُ – اَلْمَأْمُوْنُ - اَلشَّافِعِيُّ
c. Ism
Maksud Ism disini ialah nama yg bukan kunyah ataupun laqab. Ism dapat berupa:
> Mufrad, seperti (مَرْيَمُ) & (يُوْسُفُ).
> Murakkab idhafi, seperti (عَبْدُ الْوَهَابِ) & (عَبْدُ الْعَزِيْزِ).
> Murakkab majazi, seperti (نيُو يَورك) arabisasi dr New York.
5. Ditambah Alif Lam
Ism nakirah jika diimbuhi alif lam di awalnya maka menjadi Ism makrifah. Misal:
اَلْكِتَابُ – اَلْمَسَاجِدُ – اَلرَّحِيْمُ – اَلطَّالِبُوْنَ
Dlm menambahkan alif lam harus berdasarkan ketentuan berikut:
Ism yg diawali alif lam ta’rif tak bolh diahiri dgn tanwin. Misal:
كِتَابٌ ←اَلْكِتَابُ – صُوْرَةٌ ← اَلصُّوْرَةُ
Jika huruf pertama adalah huruf qamariyyah, maka lamnya disukunkan. Huruf qamariyyah ada 14, yakni:
أ ب ج ح خ ع غ ف ك ق م و هـ ي
Misal:
اَلْمَسَاجِدُ - اَلْإِنْسَانُ – اَلْقَوْمُ - اَلْيَوْمُ
Jika huruf pertama adalah huruf syamsiyyah, maka lamnya diidghamkan ke huruf berikutnya. Huruf syamsiyah ada 14, yakni:
ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن
Misal:
اَلرَّحِيْمُ – اَلشَّمْسُ – اَلتِّيْنُ - اَلصُّوْرَةُ
6. Diidhafahkan ke Ism makrifah (dibuat frasa)
Jika Ism nakirah diidhafahkan ke Ism makrifah maka Ism tersebut menjadi Ism makrifah. Misal:
كِتَابُ الْفِقْهِ – لِبَاسُ مَحْمُوْدٍ – سُوْءُ الظَّنِّ
Kata yg pertama dr ketiga Misal diatas disebut dgn mudhaf & Kata yg ke-2 disebut mudhaf ilaih. Mudhaf ilaih selalu majrur adapun mudhaf tergantung kedudukan dlm kalimat.
7. Munada Maqshud
Munada ialah Ism yg terletak setelah huruf nida. Adapun munada maqshud ialah munada yg berbentuk nakirah tapi utk tujuan tertentu (jelas yg dipanggilnya). Misal:
يَا طَالِبُ – يَا طَالِبَانِ – يَا حَاضِرُوْنَ
Sekian & demikian. Semoga bermanfaat!