Jumat, 21 Juni 2019

10++ Pengertian Tashrif | Shorof Mudah

17.47

PENGERTIAN TASHRIF

Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa kabar Para pembaca Yang budiman?, Saya d0Akan Sem0ga senantiasa berAda Dalam naungan Rahmat Dan maghfirah-Nya
 Saya d0Akan Sem0ga senantiasa berAda Dalam naungan Rahmat Dan maghfirah 10++ Pengertian Tashrif | Sh0r0f Mudah
Tashif,- Atau sh0r0f Adalah di Antara pembelajaran Bahasa ARAB, Ada bagain Yang khusus mempelajari fiil (KATA Kerja), Yang dikenal Dengan istilah قَوَاعِدُ الْبِنْيَةِ Atau الصرف / التصريف. Pembelajaran Ini penting, sebab Sangat berpengaruh untuk memahami suatu teks / 0br0lan. Umpamanya, Kita mengatAkan berikut ini: ضَرَبَ Dengan maksud menyuruh Orang lain untuk memukul, maka Orang lain Yang mendengar Pasti Tidak Akan merasa Bahwa Dia disuruh Oleh Kita. Tapi Kalau Kita mengatAkan اِضْرِبْ, maka Pastilah Orang Yang mendengar Akan mengerti Bahwa Kita menyuruhnya untuk memukul.
Maka, pengertian التصريف menurut Bahasa Adalah التَّغْيِيْرُ (perubahan). SeDangkan menurut Istilah Sharaf ialah berikut ini:
تَحْوِيْلُ الْأَصْلِ الْوَاحِدِ إلَى أَمْثِلَةٍ مُخْتَلِفَةٍ لِمَعَانٍ مَقْصُوْدَةٍ لاَ تَحْصِلُ إلاَّ بِهَا
Perubahan satu bentuk asal menjadi beberapa bentuk Yang berbeda demi mencapai makna Yang diinginkan Yang Tidak Akan Bisa diraih Kecuali Dengan melakukan perubahan Itu.
COnt0hnya Seperti Yang Sudah dijelaskan sebelumnya. 
COnt0h lain berikut ini: Dalam ayat Al-Qur'an Al-Karim, Ada ayat berikut ini:
إنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Dan ayat berikut ini:
نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ
KATA أنْزَلَ Dan KATA نَزَّلَ Itu keduanya berasal dari satu pengambilan; نَزَلَ Yang Artinya turun. Lalu dimasukkan PAda wazan أَفْعَلَ, menjadi أَنْزَلَ (menurunkan secara Sekaligus), Dan dimasukkan PAda wazan فَعَّلَ menjadi نَزَّلَ (menurunkan secara berangsur). Nah, Kita Akan sulit memahaminya Jika Kita Tidak mempelajarai التَّصْرِيْفُ / الصَّرْفُ. 
Jadi, sh0r0f/tashrif Ini Sangat penting untuk memahami teks/0br0lan terutama Yang berkaitan Dengan bentuk fiil Yang digunAkan, Jika Tidak, dikhawatirkan menyebabkan salah memahami suatu 0br0lan/teks, terutama teks Al-Qur'an Al-Karim Dan Hadits Yang mana keduanya merupAkan landasan hukum Paling utama Dalam agama islam.
Sebagian ulama mengatAkan berikut ini:
اَلصَّرْفُ أُمُّ الْعُلُوْمِ وَ النَّحْوُ أَبُوْهَا
"Ilmu Sh0r0f Adalah induk Ilmu seDangkan Ilmu Nahwu Adalah bapaknya"
Sekian pemBahasan tentang tashrif. Sem0ga menambah wawasan Kita tentang Bahasa ARAB. 
M0h0n maaf Atas Segala kekurangan
terima kasih Telah berkunjung
Wassalamu'alaikum wr. wb.