Kamis, 08 Februari 2024

Peristiwa Isra, Mi'raj

14.13

 Peristiwa Isra, Mi'raj

Manakala Nabi –shallallahu 'alaihi wasallam- masih berada di tengah periode di mana dakwahnya menerobos antara kesuksesan dan penindasan, sementara secercah harapan mulai tampak dari kejauhan, dan terjadilah peristiwa Isra' dan Mi'raj

Ibnul Qayyim berkata: menurut riwayat yang shahih bahwa Rasulullah –shallallahu 'alaihi wasallam- diisra'kan dengan jasadnya dari Masjid Haram menuju Baitul Maqdis dengan mengendarai al-Buraq, ditemani oleh Jibril –alaihissalam-. Lalu beliau singgah di sana dan shalat dengan para Nabi sebagai imam, lalu menambatkan al-Buraq pada gelang pintu masjid

Kemudian pada malam itu beliau dimi'rajkan dari Baitul Maqdis menuju langit dunia. Jibril meminta izin agar dibukakan pintu langit bagi beliau, lalu terbukalah pintunya. Di sana beliau melihat Adam, bapak manusia. Beliau memberi salam kepadanya, lalu dia menyambutnya dan membalas salam tersebut serta mengakui kenabian beliau –shallallahu 'alaihi wasallam-. Allah menampakkan kepada beliau ruh-ruh para syuhada dari sebelah kanannya dan ruh-ruh orang-orang yang sengsara dari sebelah kirinya.

Kemudian beliau dimi'rajkan lagi ke langit kedua. Jibril meminta izin agar dibukakan pintunya untuk beliau –shallallahu 'alaihi wasallam-. Di sana beliau melihat Nabi Yahya bin Zakaria dan Isa bin Maryam, lalu beliau menjumpai keduanya dan memberi salam. Keduanya pun menjawab salam tersebut dan menyambut beliau serta mengakui kenabian beliau.

Kemudian beliau dimi'rajkan lagi ke langit ketiga. Di sana beliau melihat Nabi Yusuf, lalu memberi salam kepadanya. Dia menyambut beliau dan mengakui kenabian beliau.

Kemudian beliau dimi'rajkan lagi ke langit keempat, di sana beliau melihat Nabi Idris lalu memberi salam kepadanya. Dia menyambut salam beliau dan mengakui kenabian beliau.

Kemudian beliau dimi'rajkan lagi ke langit kelima. Di sana beliau melihat Nabi Harun bin Imran lalu memberi salam kepadanya. Dia menyambut salam beliau dan mengakui kenabian beliau.

Kemudian beliau dimi'rajkan lagi ke langit keenam, disana beliau bertemu dengan Nabi Musa bin Imran, lalu beliau memberi salam kepadanya. Dia pun menyambut salam beliau dan mengakui kenabian beliau. Tatkala beliau berlalu, Nabi Musa menangis. Ketika ditanyakan kepadanya: apa yang membuatmu menangis? Dia menjawab: aku menangis karena ada seseorang yang diutus setelahku yang jumlah umatnya yang masuk surga lebih banyak dari umatku.

Kemudian beliau dimi'rajkan lagi ke langit ketujuh. Di sana beliau bertemu dengan Nabi Ibrahim –'alaihissalam-, lalu beliau memberi salam kepadanya dan dia menyambut salam beliau dan mengakui kenabian beliau.

Kemudian beliau naik ke  Sidratul Muntaha, lalu al-Baitul Ma'mur dinaikkan untuknya.

Kemudian beliau dimi'rajkan lagi menuju Allah Yang Mahaagung lagi Mahaperkasa, beliau mendekat kepadaNya hingga hampi sejarak dua buah busur atau lebih dekat lagi. Kemudian Dia mewahyukan kepada hambaNya apa yang Dia wahyukan, mawajibkan kepadanya 50 waktu shalat. Kemudian beliau kembali hingga melewati Nabi Musa. Lalu dia bertanya kepada beliau: apa yang diperintahkan kepadamu?

Beliau menjawab: 50 waktu shalat.

Dia berkata: umatmu pasti tidak sanggup melakukan itu, kembalilah ke Rabbmu dan mintalah keringanan untuk umatmu! beliau menoleh ke arah Jibril seakan ingin meminta pendapatnya dalam masalah itu. Jibril mengisyaratkan persetujuannya jika beliau memang menginginkan hal itu.

Lalu Jibril membawa beliau naik lagi hingga membawanya kehadapan Allah Yang Mahasuci , Mahatinggi lagi Mahaperkasa, sedangkan Jibril berada di tempatnya. Lalu Allah –subhanahu wata'ala- menguranginya menjadi 10 waktu shalat. Kemudian beliau turun hingga kembali melewati Nabi Musa, lantas beliau memberitahukan hal tersebut kepadanya. Dia berkata kepada beliau: kembalilah lagi kepada Rabbmu dan mintalah keringanan! Beliau terus mondar-mandir antara Nabi Musa dan Allah –'azza wajalla- hingga akhirnya Allah –subhanahu wata'ala- menjadikannya 5 waktu shalat. Musa kemudian memerintahkan beliau agar kembali kepada Rabb dan meminta keringanan lagi.

Lalu beliau –shallallahu 'alaihi wasallam- menjawab: sungguh aku malu kepada Rabbku, aku rela dengan hal ini dan menerimanya.

Setelah beliau menjauh, terdengarlah suara menyeru: Aku telah memberlakukan fardhuKu dan telah memberikan keringanan kepada para hambaKu.