Minggu, 17 Juni 2018

Sedang Berguru Bahasa Arab? Ini Hal Yang Harus Dilakukan!

Latar belakang saya menulis tema ini yaitu teringat perihal pengalaman saya ketika tinggal di salah satu negeri kaya di Timur Tengah.

Saya ingat ketika ada salah satu ustadz senior dari Indonesia tiba utk mengisi kajian bagi warga Indonesia yg berusaha & bekerja di negara ini. Beliau terkejut ketika mendapati bahwa sebagian besar teman-teman yg sudah hidup lima hingga sepuluh tahun di sini belum bisa berbahasa Arab dgn lancar.

Saya sebagai pendatang gres ikut kaget mendapati fenomena ini. Tapi sehabis tahunan berlalu sayapun mengerti mengapa sebagian besar pekerja profesional asal Indonesia belum lancar berbahasa arab alasannya yakni setiap hari mereka berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Usaha mereka mempelajari bahasa Arab ada, namun banyak yg hilang di tengah jalan, ada juga yg bertahan tetapi tidak seantusias ketika mereka berguru bahasa ajaib lainnya.

Untuk ini saya mendokumentasikan hal-hal yg harus dilakukan bagi anda yg kebetulan se&g berguru bahasa Arab atau yg gres mulai berguru bahasa Arab. Tujuannya yaitu semoga anda lancar berbahasa Arab. Lancar disini maksudnya yaitu bisa membaca, mendengar, & berekspresi atau berkomunikasi dgn bahasa Arab.

Latar belakang saya menulis tema ini yaitu teringat perihal pengalaman saya ketika tingga Se&g Belajar Bahasa Arab? Ini Hal Yang Harus Dilakukan!


Hal yg harus dilakukan bagi yg akan berguru bahasa Arab


1. Mempunyai tujuan yg jelas.

Bagi orang yg memiliki clear goals (tujuan yg terang), ia akan memiliki iktikad diri bahwa suatu ketika sehabis menjalani proses berguru bahasa arab, ia akan sanggup mencapai tujuannya.

Manfaat yg kedua dari memiliki tujuan yg konkret yaitu ia tidak akan terdistraksi (tidak akan gampang terganggu) dgn kendala di tengah jalan. Oleh alasannya yakni ia fokus utk mencapai tujuan, apabila ia keluar jalanpun, ia akan segera kembali ke jalan atau jalur semula.

Ia akan mengoptimalkan hal-hal yg membuatnya mendekat ke tujuan & ia akan menjauhi hal-hal yg membuatnya jauh dari tujuan.

Contoh tujuan mempelajari bahasa Arab:

Di bawah hanya sekedar contoh, anda bebas utk memiliki tujuan versi anda sendiri.

a. Saya berguru bahasa Arab semoga mengerti isi Al-qur-an & hadits. Dalam arti sanggup menterjemahkan sendiri tanpa pemberian atau melihat terjemahan al-quran.

b. Saya berguru bahasa Arab semoga sanggup membaca & memahami kitab literatur dari 'ulama.

c. Saya berguru bahasa arab semoga lancar berkomunikasi dgn rekan bisnis dari Timur Tengah.

d. Saya berguru bahasa Arab semoga gampang bekerja di Timur Tengah.

e. Dan lainnya.

Jadi, jikalau anda se&g berguru bahasa Arab atau akan memulai berguru bahasa Arab, tulis tujuan anda berguru dgn jelas. Karena itu akan memotivasi anda ketika anda lemah.

2. Praktekkan ilmu yg sudah didapat


Anda berguru bahasa Arab tentunya ingin berkomunikasi dgn orang lain (terutama native speakers) bukan?

Oleh alasannya yakni itu, buatlah janji utk berinteraksi dgn orang lain, contohnya dgn sobat anda sesama penerima kursus bahasa arab, guru anda, mitra yg sudah lancar berbahasa arab, & seterusnya.

Inti dari berguru bahasa ajaib yaitu penerapan konsep dasar (baik kosakata, grammar, ekspresi, dll.) ke dalam kehidupan konkret (real life situation).

Beberapa tahun lalu, saya & sobat di akrab mushalla sama-sama berguru kitab Durusul Lughah karya Dr. V. Abdur Rahim.

Kami berkomitmen utk menerapkannya sehabis pembelajaran usai, bahkan ketika kami masih berguru belahan satu, yaitu berguru hadza, hadzihi, isim isyarah, & masih sedikit kosakata isim & kata tanya. Kami pribadi bercakap-cakap menggunakan kosakata yg sudah kami dapatkan dari guru kami (semoga Tuhan menjaganya).

Contoh:
Saya bertanya kepada teman: A hadza kitaabun? (apakah ini buku?)
Teman menjawab: Laa, hadzaa qalamun. (tidak ini pena)
Dan seterusnya.

3. Tingkatkan antusiasme berguru bahasa Arab

Poin tiga ini terkait dgn poin satu & motivasi intrinsik yg dimiliki oleh orang yg berguru bahasa Arab.

Dengan gelora atau semangat yg tinggi, maka anda akan menikmati perjalanan belajar. Dengan menikmati perjalanan belajar, anda akan gampang mendapatkan ilmu baru, & yg terpenting anda akan memiliki konsistensi & persistensi yg tinggi utk tetap berjalan menuju tujuan.

Ingatkah anda ketika di Taman Kanak-kanak dahulu, ketika anda bermain utk mempelajari sesuatu, anda menikmatinya & tanpa terasa ilmu & keterampilan anda bertambah seiring dgn bertambahnya waktu.

Dan ingatkah anda ketika Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengan Atas dahulu, ketika anda tidak menikmati pelajaran (entah alasannya yakni guru yg galak & tidak anda senangi atau alasannya yakni sistem pembelajaran yg membosankan, dll.) anda sukar sekali mengingat & paham pelajaran tersebut.

Kesimpulannya, buat diri anda selalu antusias mempelajari bahasa Arab hingga tuntas, artinya hingga kitab yg dibahas habis atau hingga seluruh pelajaran yg ada pada silabus selesai dipelajari.

4. Berani salah.

Ini bukanlah sebuah anjuran utk bersalah-salah ria. Maksudnya yaitu tetap terus praktik berbahasa Arab walaupun anda dikoreksi oleh sobat yg sudah jago atau oleh guru. Bahkan dari pengalaman inilah anda akan berguru & pengetahuan anda akan meningkat pesat.

Yang harus diingat, janganlah rasa takut salah menghalangi anda utk berinteraksi dgn orang lain menggunakan bahasa Arab. Justru dgn pengalaman yg salah itu anda akan mengalami kemajuan berguru yg pesat.

Saya punya pengalaman perihal hal ini, bahkan ketika saya sudah bekerja di perusahaan multi-national yg menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasinya. Ini kejadian tahunan yg kemudian ketika saya bekerja sebagai network administrator.

Senior network engineering di dalam tim kami berasal dari amerika (native speaker). Kami biasa berdua menangani jaringan IP maupun Voice, mulai dari design hingga troubleshooting.

Suatu saat, saya melafalkan router itu dgn "ruuter" dgn PD nya. Saya melihat wajahnya agak bingung, tapi alasannya yakni kita se&g bicara dalam konteks pekerjaan, dia mengerti bahwa yg saya maksud yaitu router sebagai salah satu device/alat dalam dunia IP networking.

Dia pribadi mengoreksi pelafalan (pronunciation) yg benarnya yaitu "rauter". Saya pribadi tersipu. Dan mulai ketika itulah saya melafalkan salah satu device utk jaringan komputer ini dgn benar, hingga sekarang.

Sebagai perhiasan informasi, pelafalan "ruut" itu yaitu utk kata root yg berarti akar. Pelafalan "ruuter" itu yaitu utk kata rooter yg berarti simpatisan.

Kesimpulannya, jangan takut salah. Native speakerpun akan mengerti bahwa itu bukan bahasa ibu anda, jadi masuk akal bila melaksanakan kesalahan. Dan anda akan berguru banyak dari kesalahan-kesalahan tersebut.

Latar belakang saya menulis tema ini yaitu teringat perihal pengalaman saya ketika tingga Se&g Belajar Bahasa Arab? Ini Hal Yang Harus Dilakukan!


Kebiasaan yg harus dilakukan bagi orang yg berguru bahasa Arab


Setelah hal yg telah disebutkan di atas, maka sebagai orang yg berguru bahasa Arab, maka anda harus membiasakan diri membuat atmosfer bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh kebiasaan tersebut yaitu:

1. Aktif berguru & praktik

Lakukan adaptasi sebagai pelajar yg proaktif berguru & praktik. Mulai adaptasi ini dari kini sehabis anda selesai membaca artikel ini.

Saya masih ingat pesan yang tersirat guru bahasa Inggris saya dahulu ketika saya SMP, dia berkata,"Tips semoga hafal kosakata yg gres kau temui, gunakan kata tersebut dalam kalimat, praktekkan kata tersebut dgn membuat aneka macam macam kalimat. Kamu akan cepat hafal & tidak akan lupa."

Contoh:
Ketika anda gres mendapati kata "qalam" yg artinya pena. Maka buatlah rujukan kalimat dgn menggunakan kata tersebut.

Misalnya:
- Ini pena => hadzaa qalamun.
- Apakah kau punya pena? => a 'indaka qalamun?
- Pena ini punya siapa? => qalamu man hadzaa?
Dan seterusnya.

2. Tambah kosakata setiap hari


Tambah kosakata bahasa Arab setiap hari, semua jenis kosakata menyerupai : isim (kata benda), fi'il (kata kerja), ekspresi sehari-hari, & lainnya.

Ketika telah mendapatkan kosakata baru, lakukan langkah pada poin satu.

Cara menambah kosakata bahasa Arab

Selain menambah kosakata seiring dgn bertambahnya bahan yg dipelajari di kawasan kursus bahasa Arab atau di kawasan lainnya, anda harus proaktif menambah kosakata setiap hari.

Caranya yaitu dgn:

a. Membaca goresan pena berbahasa Arab

Tulisan bahasa Arab bisa anda temukan di website berbahasa arab, Facebook page berbahasa Arab, kitab berbahasa arab, buku pelajaran bahasa Arab & yg lainnya.

Catat kata-kata yg anda belum tahu artinya, cari di kamus artinya & terapkan kata-kata tersebut dalam sebuah kalimat sederhana.

b. Mendengarkan bunyi berbahasa Arab

Ini bisa anda sanggup dgn mendengarkan video kajian dari syaikh di Youtube, siaran gosip dari Saudi TV1, & seterusnya.

c. Berinteraksi dgn arabic speaker.

Berkomunikasi dgn yg sudah mahir berbahasa arab atau dgn arabic speaker sanggup menambah kosakata baru.

Anda sanggup pribadi bertanya jikalau menemukan kata yg gres didengar. Cara ini yaitu cara yg cepat utk membuat anda mahir berbahasa Arab.

Hal di atas yaitu sederhana namun jikalau anda mengimplementasikan hal tersebut secara konsisten, saya yakin anda akan mahir berbahasa Arab lebih cepat daripada orang lain yg berguru bahasa Arab tanpa memperhatikan hal di atas.



Tulisan ini disesuaikan dari sumber:
thearabiclearner.com/15skills

Sumber Gambar/Image source:
pdf file dari thearabiclearner.com/15skills