Sabtu, 27 Juni 2020

Cara Memperkenalkan (Ta'aruf) Diri Dalam Bahasa Arab Fusha dan Artinya Lengkap


Sahabat yg semoga selalu dlm lindugan Alloh -ta'ala-. Sbg makhluk sosial manusia dituntut utk saling berbaur dgn sesama Dan mengenal satu sama lain. Jadi benarnya apa yg saya Dan Anda sering dengar tentang pepatah bahasa Indonesia yg masyhur yg berbunyi "tak kenal maka tak sayg".
Saat memasuki lingkungan baru, baik itu kampus, tempat kerja, atau tempat tinggal, Anda dituntut utk bersikap aktif dgn mengenalkan diri Anda kepada orang-orang yg ada di lingkungan baru tersebut. Permulaan yg baik akan menjadi penentu keharmonisan Dan tidaknya jalinan hubungan Anda dgn mereka.


Olh karenanya cara memperkenalkan diri itu penting Dan perlu dipelajari. Tapi saya yakin Anda semua sudah mahir melakukannya jika menggunakan bahasa Indonesia. Pertanyaannya ialah bagaimana caranya jika Anda diminta utk memperkenalkan diri menggunakan bahasa Arab fusha (resmi / formal).

perkenalan bahasa arab fusha (resmi / formal)

Perkenalan dlm bahasa Arab fusha (resmi / formal) disebut ta'aruf (التَّعَارُفُ). Adapun berkenalan bahasa Arab fusha (resmi / formal)nya ialah (تَعَارَفَ - يَتَعَارَفُ). Kalau memperkenalkan ialah (عَرَّفَ - يُعَرِّفُ).

Di sini saya akan memberikan kepada Anda contoh perkenalan dlm bahasa Arab fusha (resmi / formal). Dan sbg contohnya ialah saya sendiri. Selamat membaca Dan belajar.
Perkenalan Diri Dlm Bahasa Arab fusha (resmi / formal)

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
أُسْتَاذِيَ الفَاضِلُ وَزُمَلَائِي الكِرَامُ
Guruku yg utama Dan teman-temanku yg mulia
اِسْـمَحُوا لِي أَنْ أُعَرِّفَ نَفْسِي لَكُمْ جَـمِيْعًا
Izinkan aku utk memperkenalkan diriku kepada kalian semua
اِسْـمِي عَبْدُ اللهِ لُطْفِي وَيُنَادُوْنَنِـي بِـلُطْفِي
Namaku Abdullah Luthfi Dan mereka biasa memanggilku 'Luthfi'
أَنَا مِنْ مَاجِيْتَان جَاوَى الشَّرْقِيَّةِ
Aku berasal dari Magetan - Jawa Timur
وَأَسْكُنُ الآنَ فِي جُنْجُول – جَاوَى الغَرْبِيَّةِ

Dan sekarang aku tinggal di Jonggol - Jawa Barat
عُمْرِي وَاحِدٌ وَثَلَاثُوْنَ سَنَةً
Umurku 3 puluh satu tahun
مُتَزَوِّجٌ وَالـحَمْدُ للهِ ، وَلِي بِنْتٌ وَاحِدَةٌ وَابْنٌ وَاحِدٌ
Alhamdulillah sudah menikah, Dan memiliki satu putri Dan satu putra
هِوَايَتِي القِرَاءَةُ وَالكِتَابَةُ وَكُرَةُ السَّلَّةِ
Hobiku membaca, menulis, Dan bermain basket
تَخَرَّجْتُ مِنْ مَعْهَدِ العُلُوْمِ الإِسْلَامِيَّةِ وَالعَرَبِيَّةِ بِجَاكَرْتَا
Aku lulus kuliah dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam Dan Arab fusha (resmi / formal) (LIPIA) di Jakarta
وَأَعْمَلُ الآنَ مُدَرِّسًا فِي مَعْهَدِ الأَنْدَلُسِ الإِسْلَامِي بِبُوجُور
Dan aku sekarang bekerja sbg guru di Pesantren Al Andalus di Bogor
أَكْتُبُ كَثِيْرًا عَنِ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ لِأَنَّنِـي أُحِبُّهَا
Aku banyak menulis tentang bahasa Arab fusha (resmi / formal) karena aku menyukainya
أُمْنِيَّتِـي أَنْ يَتَكَلَّمَ أَبْنَاءُ الشَّعْبِ الإِنْدُوْنِيْسِي بِـهَذِهِ اللُّغَةِ الكَرِيْـمَةِ
Cita-citaku ialah putra-putra bangsa Indonesia dapat berbicara dgn bahasa yg mulia ini
وَشِعَارِي هُوَ قَوْلُ النَّبِـيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّـمَ : خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ
Motoku ialah sabda Nabi -shallAllohu 'alaihi wa sallam-, "Sebaik-baik manusia ialah yg paling bermanfaat utk mereka."
أَنَا سَعِيْدٌ جِدًّا بَوُجُوْدِي مَعَكُمْ
Aku sangat bahagia sekali bisa berasa bersama kalian
وَسَأَسْعَى جَاهِدًا لِأَكُوْنَ خَيْرَ صَاحِبٍ وَصَدِيْقٍ لَكُمْ جَـمِيْعًا وَخَيْرَ مُعِيْنٍ لَكُمْ عَلَى الـخَيْرِ
Dan aku akan berusaha keras utk bisa menjadi sahabat Dan teman terbaik kalian semua serta menjadi penolong terbaik kalian dlm kebaikan
وَشُكْرًا لَكُمْ عَلَى هَذِهِ الفُرْصَةِ السَّعِيْدَةِ
Terima kasih atas kesempatan yg berbahagia ini
وَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا
Dan semoga Alloh membalas kalian dgn kebaikan
وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْـمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh




Demikian contoh singkat perkenalan diri dlm bahasa Arab fusha (resmi / formal). Semoga yg ringan ini bisa bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf, Dan terima kasih atas kesempatan Dan kunjungannya.