Minggu, 28 Juni 2020

Manshubatul Asma' (Isim-isim/Kata Benda yang Dinashabkan) Diserati Contoh Lengkap


Manshubatul Asma’ | Isim yg nashabkan
Manshubatul asma' ialah isim-isim yg dinashabkan. Nashab ialah irab yg ditandai dgn harkat fathah Dan penggantinya yakni alif, kasrah, ya’ Dan membuang nun.

Nashab
Tanda nashab ada lima, yakni:
1. Fathah
Isim menjadi tanda nashab pda kata yg berbentuk isim mufrad, jama’ taksir, Dan fi’il mudhari’.
a. Isim mufrod
Isim mufrad ialah kata yg menunjukkan makna satu. Misalnya:
 كَانَ أَخُوْكَ مُدَرِّسًا

b. Jama’ taksir
Jama’ taksir ialah isim yg menunjukkan makna banyak dgn mengubah bentuk mufradnya, baik dgn menambah huruf, mengurangi huruf, mengganti harakat ataupun gabungan dr ketiganya. Misalnya:
اِشْتَرَيْتُ كُــتُــبًا

c. Fiil mudhori yg sebelumnya ada amil nashib.
Misalnya:
أَنْ تَصُوْمَ خَيْرٌ لَكَ

2. Alif
Alif menjadi tanda nashab pda isim lima. Misalnya:
إِنَّ أَخَاكَ طَالِبٌ

3. Kasrah
Kasrah menjadi tanda nashab pda jama’ muanats salim. Jama’ muannats salim ialah isim yg menunjukkan makna banyak dgn cara ditambah alif Dan ta’ di akhirnya. Misalnya:
إِنَّ الْمُسْلِمَاتِ فِي الْمَسْجِدِ

4. Ya’

Huruf ya’ menjadi tanda nashab pda isim mutsana Dan jama’ mudzakkar salim.
a. Isim mutsana
Isim tatsniyah ialah isim menunjukkan makna dua dgn cara ditambah alif Dan nun ketika rafa’ serta ya’ Dan nun ketika nashab Dan jar. Misalnya:
ضَرَبَتْ سَلْمَى قِطَّيْنِ

b. Jama’ mudzakar salim
Jama’ mudzakkar salim ialah isim yg menunjukkan makna banyak dgn ditambah wau Dan nun ketika rafa’ serta ya’ Dan nun ketika nashab Dan jar. Misalnya:
كَانَ الْمُدَرِّسُوْنَ مُحْتَرِمِيْنَ

5. Membuang nun
Menghilangkan huruf nun menjadi tanda nashab pda fi’il lima. Fi’il lima ialah fi’il mudhari’ yg diakhiri alif tatsniyah, ya’ muannatsah mukhathabah Dan wau jama’ serta ada nunnya. Misalnya:
يَذْهَبُوْنَ ← أَنْ يَذْهَبُوْا
تَذْهَبُوْنَ ← أَنْ تَذْهَبُوْا
يَذْهَبَانِ ← أَنْ يَذْهَبَا
تَذْهَبَانِ ← أَنْ تَذْهَبَ.
.
B. Isim Manshub
Isim yg dinashabkan ada 13, yakni:
1. Maf’ul bih
Maf’ul ialah isim yg menujukkan sesuatu yg menjadi tujuan ataupun korban dr suatu perbuatan. Misalnya:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ

2. Maf’ul fih
Maf’ul fih ialah isim yg menunjukkan tempat ataupun waktu serta tidak didahului oleh huruf jar. Maf’ul fih disebut juga dgn zharaf makan Dan zharaf zaman. Misalnya:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ لَيْلاً
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ أَمَامَ الْمَسْجِدِ

3. Maf’ul muthlaq
Muf’ul muthlaq ialah isim mashdar yg menunjukkan penguatan makna pda fi’il. Misalnya:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ تَرْتِيْلاً

4. Maf’ul li ajlih
Maf’ul li ajlih ialah isim yg menujukkan makna tujuan dr aDanya suatu perbuatan. Misalnya:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ عِبَادَةً

5. Maf’ul maah
Maf’ul maah ialah isim yg keadaanya menyertai peristiwa pda kalimah sebelumnya. Misalnya:
أَرْجِعُ مِنَ الْمَدْرَسَةِ وَالْأَذَنَ

6. Khabar kana
Khabar kana ialah kata yg asalnya khabar dr mubtada’ yg didahului amil “kana” Dan teman-temannya. Misalnya:
كَانَ أَخُوْكَ مُدَرِّسًا

7. Isim inna
Isim inna ialah mubtada’ yg didahului amil “inna” Dan teman-temannya. Misalnya:
إِنَّ الطَّالِبَيْنِ مَاهِرَانِ

8. Hal
Hal ialah kata yg menjelaskan keadaan fa’il ataupun maf’ul ketika melakukan suatu perbuatan. Misalnya:
قَرَأَ مُحَمَّدٌ الْقُرْآنَ جَالِسًا

9. Tamyiz
Tamyiz ialah isim yg menjelaskan makna yg masih kabur. Bisa dikatakan tamyiz itu untuk menjawab pertanyaan “apanya”. Misalnya:
اَلْقَمَرُ أَظْهَرُ مِنَ النُّجُوْمِ نُوْرًا

10. Mustatsna
Mustatsna ialah isim yg dikecualikan Dan berada setelah “illa”. Misalnya:
حَضَرَ الطُّلاَّبُ إِلاَّ زَيْدًا

11. Isim “La”
Isim la ialah isim yg berada setelah la nafi. Misalnya:
لَا رَجُلَ فِي الْبَيْتِ

12. Munada
Munada ialah isim yg dipanggil ataupun isim yg berada setelah huruf nida’. Syarat ber’irab nashab ialah isim harud berupa idhafah. Misalnya:
يَا رَسُوْلَ اللهِ

13. Tawabi’
Tabi’ ialah isim yg mengikuti isim sebelumnya dalam hal irab. Tawabi’ ada 4, yakni shifat, athaf, taukid Dan badal.
a. Naat/shifat
اِشْتَرَيْتُ كِتَابًا جَدِيْدًا

b. Athaf
اِشْتَرَيْتُ كِتَابًا وَ قَلَمًا

c. Taukid
إِنَّ التَّلَامِيْذَ كُلَّهُمْحَاضِرُوْنَ

d. Badal
رَاَيْتُ أَخَاكَ مَحْمُوْدًا

Catatan:
Penjelasan yg lebih lengkap tentang poin-poin di atas, bisa dicari di blog ini dgn memasukkan kata kunci di kolom pencarian. Terima kasih sudah membaca