Rabu, 19 Juni 2019

10++ 7 Isim yang Dirofakan | Nahwu Shorof Mudah

15.55

ISIM-ISIM YANG DIROFA'KAN

Assalamu'alaikum wr. wb.
Nahwu,- Para pembaca Yang budiman, Sem0ga senantiasa berAda Dalam lindungan ALLAH SWT. 
PAda tulisan kali Ini Saya Akan memBahasa tentang Isim (KATA Benda Bahasa Arab)-Isim (KATA Benda Bahasa Arab) Yang dir0fa'kan beSerta COnt0h-COnt0hnya.
 Sem0ga senantiasa berAda Dalam lindungan ALLAH SWT 10++ 7 Isim Yang Dir0fAkan | Nahwu Sh0r0f Mudah
Isim-Isim (KATA Benda Bahasa Arab) Yang dir0fa'kan,-  Apa saja 7 Isim (KATA Benda Bahasa Arab) Yang dir0fAkan Itu?. Berikut Saya berikan gambaran umum Dan diSertai COnt0hnya masing-masing berikut ini:
1. Fa'il
2. Maf'ul bih Yang Tak disebutkan fa'ilnya
3. MubtAda'
4. Kh0bar
5. Isim كَانَ Dan semacamnya
6. Kh0bar إنَّ Dan semacamnya
7. Yang mengikuti Isim (KATA Benda Bahasa Arab) Yang r0fa' (التَّوَابِعُ)
Adapun pemBahasan secara umum Dan COnt0hnya, Sebagai berikut berikut ini:
<0l>
  • Fa'il. Dalam Bahasa ind0nesia disebut Juga pelaku/subjek. COnt0hnya berikut ini: ضَرَبَ زَيْدٌ كَلْبًا Artinya berikut ini: Zaed Telah memukul anjing. COnt0h lain berikut ini: يَقْرَأُ الْمُسْلِمُوْنَ الْقُرْآنَ Artinya berikut ini: Orang-Orang muslim seDang/Akan membaca Al-Qur'an Al-Karim.
  • Al-Maf'ul alladzi lam yusamma faa'iluhu (Maf'ul bih Yang Tak disebutkan failnya). Dalam Bahasa Ind0nesia Bisa Juga disebut Dengan kalimat pasif. COnt0hnya berikut ini:  ضُرِبَ كَلْبٌ Artinya berikut ini: Seek0r anjing Telah dipukul. COnt0h lain berikut ini: يُقْرَأُ الْقُرْآنُ Artinya berikut ini: Al-Qur'an seDang/Akan dibaca.
  • MubtAda'. Artinya secara harfiyah Adalah Yang berAda dipermulaan. Ialah Isim (KATA Benda Bahasa Arab) Yang berAda di awal kalimat (Barangkali Ada DiAntara pembaca Yang tahu paDanan KATA Yang singkat Dalam Bahasa Ind0nesia untuk mubtAda). COnt0h berikut ini: زَيْدٌ ذَاهِبٌ Artinya berikut ini: Zaed (Itu) Yang pergi
  • Kh0bar. Artinya berita. Maksudnya, KATA/kalimat Yang menerangkan keberAdaan mubtAda. COnt0h berikut ini: زَيْدٌ ذَاهِبٌZaed (Itu) Yang pergiKATA Yang pergi (ذَاهِبٌ) berfungsi menjelaskan keberAdaan Zaed
  • Isim كَانَ Dan semacamnya. Ini pun Sama dir0fa'kan Karena berkedudukan Sebagai fail Dan كَانَ beSerta semacamnya Adalah fiil. COnt0h berikut ini: كَانَ/يَكُوْنَ زَيْدٌ ذَاهِبًا
  • Kh0bar إنَّ Dan semacamnya. COnt0hnya berikut ini: إنَّ زَيْدًا ذَاهِبٌ
  • KATA Yang mengikuti KATA sebelumnya (التَّوَابِعُ). Semuanya Ada 4; Na'at (sifat),  'Athaf (Yang disambungkan), Taukid (penguat) Dan BAdal (Pengganti). COnt0h Naat berikut ini: جَاءَ زَيْدٌ الْكَرِيْمُZaed Yang mulia Telah datang. COnt0h Athaf berikut ini: جَاءَ زَيْدٌ وَعَمْرٌوZaed Dan Amr Telah datang. COnt0h Taukid berikut ini: جَاءَ زَيْدٌ نَفْسُهُZaed datang sendirinya.  COnt0h BAdal berikut ini: جَاءَ الْأُسْتَاذُ زَيْدٌZaed yakni sang guru Telah datang

  • PemBahasannya secara rinci, Saya tulis PAda bagiannya masing-masing. KesimPulannya, perhatikan gambar berikut berikut ini:
     Sem0ga senantiasa berAda Dalam lindungan ALLAH SWT 10++ 7 Isim Yang Dir0fAkan | Nahwu Sh0r0f Mudah
    Demikianlah pemBahasan singkat tentang Isim (KATA Benda Bahasa Arab)-Isim (KATA Benda Bahasa Arab) Yang dir0fa'kan. Sem0ga bermanfaat. M0h0n maaf Atas Segala kekurangannya. 
    Terima kasih Atas perhatian Dan kunjungan Anda
    Wassalamu'alaikum wr. wb.