Kamis, 06 Juni 2019

3 Percakapan Bahasa Arab Panjang

16.37
Di kesempatan berbahagia kali ini kami akan memberikan beberapa contoh-contoh terkait percakapan Bahasa Arab yang mungkin bakal sangat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua sebagai keperluan sekolah kalian, semisal untuk tugas-tugas ataupun untuk drama (tamtsiliyyah) singkat di sekolah kalian, di mana biasanya, kita dulu disuruh oleh guru-guru kita untuk membuat semacam percakapan sendiri ataupun kita juga disuruh untuk mengafalnya. 
 Percakapan Bahasa Arab Panjang

Dan memang biasanya juga, kita semua disuruh menghafal & mempraktekannya bersama teman-teman di depan kelas kita. 

Saat kami sekolah Madrasa Aliyah Negeri 2, kami kurang mengerti dan kurang paham kalau ada yang namanya pelajaran Bahasa Arab. 

Baca lainnya:
Contoh Istisna | Nahwu Shorof Mudah
Pembahasan Detail Tentang Mashdar | Shorof Mudah

Sekarangpun masih sama sih. Tetapi, kami masih tetap ingin dan bertekad bisa belajar & ingin bisa berbicara dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab, oleh sebab itu saya membuat dialog atau percakapan bahasa Arab ini dengan harapan sebagai latihan kami berbicara & juga menghafal kosakata dan mufradat bahasa arab, dan cita-cita kami memang, setidaknya kami harus bisa membaca dan menela’ah berbagai kitab kuning yang menggunakan bahasa arab. 

Nah, yuk ah langsung aja, kita ke praktekin. 

Sobat blog bahasa arab yang budiman, di bawah ini terdapat beberapa contoh-contoh percakapan bahasa arab panjang yang berlatar belakang tema yang berbeda, ada tema percakapan bahasa arab di sekolah, ada juga di taman, percakapan di kampus, juga ada di perpustakaan dan tema-tema lainnya. Kalian bisa mempraktekan percakapan bahasa arab panjang ini agar kalian cepat bisa dalam menguasai dan belajar bahasa Arab.

Percakapan Bahasa Arab Perkenalan
Maaf, nama kamu siapa?
س : عَفْوًا ، مَاسْمُكِ ؟
Nama saya Haifa, kamu?
ج : اِسْمِيْ هَيْفَاءُ وَ أَنْتِ ؟
Nama saya Nadine, nama panggilanmu siapa?

س : اِسْمِيْ نَادِيْنُ ، مَا لَقَابُكِ؟
Panggilanku Ifa. Teman teman biasa memanggil Ifa

ج : لَقَابِيْ اِيْفَا ، دَعَانِيْ أَصْدِقَائِيْ اِيْفَا
Oh gitu. Darimana asal kamu?
س : حَسَنًا، مِنْ أَيْنَ أَنْتِ قَادِمَةٌ ؟
Saya dari Jakarta
ج : أَنَا مِنْ جَاكَرْتَا
Dimana kamu tinggal?
س : أَيْنَ تَسْكُنِيْنَ ؟
Saya tinggal di jalan saleh sungkar No.5
س : أَسْكُنُ فِيْ شَارِعِ صَالِحْ سُنْكَرْ رَقْمُ خَمْسَةٍ
Berapakah umur kamu?
س : كَمْ عُمْرُكِ؟
Umur saya 15 tahun
ج : عُمْرِيْ خَمْسَةَ عَشَرَ سَنَوَات
Dimanakah kamu sekolah?
س: أَيْنَ تَدْرُسِيْنَ؟
Saya sekolah di Ma’had Abu Hurairah
ج : أَدْرُسُ فِيْ مَعْهَدِ أَبِيْ هُرَيْرَةِ
Sampai jumpa
س : إِلَى اللِّقَاءِ
Sampai jumpa kembali (semoga keselamatan menyertaimu)
ج : مَعَ السَّلَامَةِ

Percakapan Bahasa Arab Ulangan Sekolah
Kita  akan ulangan harian besok
عِنْدَنَا الْإِخْتِبَارُ الْيَوْمِيُّ غَدًا
Sungguh? Pelajaran apa?
حَقًّا ؟ أَيُّ مَادَةٍ؟
Pelajaran Fiqh pada jam ketiga
مَادَةُ الْفِقْهِ فِيْ الْحِصَّةِ الثَّالِثَةِ
Kamu sudah persiapan?
هَلْ اِسْتَعْدَدْتِ ؟
Ya, saya sudah menghafal apa yang ditulis ustadz

نَعَمْ ، حِفِظْتُ مَا كَتَبَ الْأُسْتَاذُ
Kalau gitu, saya pinjam catatanmu. Catatanku nggak lengkap
إِذَنْ أَسْتَعِيْرُ تَسْجِيْلَكِ ، تَسْجِيْلِيْ غَيْرُ كَامِلٍ
Ya silahkan
نَعَمْ تَفَضَّلِيْ
Makasi ya
شُكْرًا
Ok sama-sama
عَفْوًا

Percakapan Bahasa Arab Aturan di Sekolah
Tadi kamu dipanggil bagian Bahasa, kenapa?
دُعِيْتِ إِلَى قِسْمِ اللُّغَةِ آنِفًا ، مَا السَّبَبُ؟
Saya melanggar peraturan
خَالَفْتُ النِّظَامَ
Peraturan apa yangkamu langgar?

أَيُّ نِظَامٍ خَالَفْتِ؟
Saya berbicara bahasa Indonesiapada hari Ahad

تَكَلَّمْتُ بِاللُّغَةِ الْإِنْدُنِسِيَةِ فِيْ يَوْمِ الْأَحَدِ
Terus kamu dihukum apa sama bagian Bahasa?

مَا الْعِقَابُ مِنْ قِسْمِ اللُّغَةِ؟
Menulis kosakata sebanyak 200 kali

كِتَابَةُ كَلِمَةٍ مِائَتَا مَرَّةٍ
Kamu ridho dengan hukuman itu?

أَ أَنْتِ رَاضِيَةٌ بِالْعِقَابِ؟
Ya, gak papa. Saya memang salah
لَا بَأْسَ بِهِ ، لِأَنِّيْ مُخْطِئَةٌ